Fasilitas Produksi Rumah Potong Ayam Modern

pemotongan modern

Kehadiran rumah potong ayam membawa banyak manfaat bagi industri kuliner dan pangan. Alasannya karena rumah potong akan menghadirkan daging ayam yang berkualitas. Apalagi permintaan karkas atau daging ayam potong cukup tinggi di pasaran. 

Agar proses pemotongan, penyimpanan dan distribusi rumah potong berjalan baik, dibutuhkan fasilitas dan mesin penunjang. Tanpanya, proses pemotongan ayam akan berlangsung dalam jangka waktu yang panjang, sehingga mempengaruhi kesegaran produk ayam potong. 

Tiap rumah potong memiliki fasilitas yang berbeda karena disesuaikan dengan jumlah, jenis, dan model pemasaran. Simak informasi lebih lengkap terkait fasilitas dan berbagai perangkat potong ayam yang seharusnya ada di setiap rumah potong. 

Pentingnya Memilih Supplier Ayam Potong Modern untuk Bisnis Kuliner

Supplier ayam potong memiliki tugas untuk menyediakan daging ayam yang berkualitas kepada konsumen. Tidak hanya semata-mata menyediakan, tapi juga berkomitmen menghadirkan daging ayam yang bersih, higienis, halal, dan sesuai permintaan pasar. 

Kondisi daging sebagai bahan baku utama bisnis kuliner akan mempengaruhi cita rasa masakan yang dihasilkan. Jika kondisi daging buruk, hasill olahan kulinernya pun tak bisa memuaskan lidah masyarakat. Kondisi ini tentunya akan membuat bisnis kuliner dan UMKM yang ada di Indonesia mengalami kerugian. 

Kriteria yang Harus Dipertimbangkan dalam Memilih Supplier Ayam Potong Modern

Meski punya peran yang besar, supplier ayam potong tak boleh dipilih sembarangan. Ada beberapa kriteria khusus yang harus dipertimbangkan, diantaranya legalitas usaha, proses penyembelihan, penyimpanan, pemotongan, hingga pengemasan. 

Pilih supplier ayam potong yang sudah mendapatkan sertifikasi halal dan aman konsumsi dari pemerintah. Dengan cara ini, pelaku usaha kuliner tak akan khawatir dengan kualitas karkas dan daging ayam potong yang didapatkan. Selanjutnya, pertimbangkan pula bagaimana proses penyembelihan dan penyimpanannya, apakah bersih atau tidak. 

Penyimpanan serta tahap pemotongan yang bersih akan membuat kualitas daging ayam tetap terjaga. Begitu pula dengan proses pengemasan hingga pendistribusian, pilih rumah potong ayam yang menggunakan sistem yang terjamin, sehingga daging yang dikirimkan bisa konsumen terima secara segar. 

Jika bingung memilih supplier ayam yang berkualitas, pertimbangkanlah menggunakan supplier RPA Sukahati untuk bisnis kuliner. Kami menyediakan potongan daging ayam yang unggul, halal, serta berkualitas. Sehingga pelaku usaha kuliner bisa mengolahnya menjadi berbagai produk olahan yang kekinian.

Definisi dan Konsep Dasar dari Fasilitas Produksi Rumah Potong Ayam Modern 

Seperti yang telah disinggung sebelumnya, rumah potong membutuhkan fasilitas produksi yang mendukung. Tanpanya, produksi daging ayam bisa terhambat, yang akhirnya membuat supplier tak bisa memenuhi permintaan pasar. 

Fasilitas produksi RPA merupakan peralatan yang digunakan selama proses penyembelihan hingga pendistribusian daging ayam pada konsumen. Fasilitas ini termasuk mesin di rumah potong ayam yang higienis, mudah digunakan dan tidak membutuhkan waktu lama untuk proesnya. 

Tiap rumah potong memiliki fasilitas produksi yang berbeda, namun memiliki tujuan yang sama. Tujuan tersebut adalah memproses daging ayam dari pembersihan, pemotongan, hingga pengemasan agar berjalan secara efisien, cepat, namun tetap higienis. 

Perangkat dan Peralatan yang Diperlukan dalam Fasilitas Produksi Rumah Potong Ayam Modern

Rumah potong ayam atau RPA modern umumnya menggunakan perangkat dan peralatan berikut ini untuk mempermudah proses pengolahan daging ayam. 

Mesin Conveyor 

Ayam yang sudah dipilih untuk diolah dagingnya akan digantung di mesin conveyor. Lewat mesin ini, ayam akan disembelih sesuai ketentuan dan dibiarkan mengantung hingga seluruh darahnya bisa tiris dengan sempurna. 

Mesin Rebus 

Di tahapan selanjutnya, ayam yang sudah disembelih akan direbus dengan suhu antara 60 – 65 derajat celcius. Tujuan dari perebusan ini adalah membunuh kuman serta bakteri yang masih menempel di ayam. Proses perebusan nantinya juga akan memudahkan pembersihan ayam dari bulu dan kotoran di tahapan berikutnya. 

Mesin Pencabut Bulu atau Plekar

Ayam-ayam ini kemudian akan masuk ke mesin plekar atau mesin pencabut bulu. Di tahap ini, ayam akan dibersihkan secara menyeluruh oleh rumah potong ayam, terutama di bagian bulu-bulu dan kotoran luarnya. Setelah bersih, daging ayam kemudian memasuki tahapan berikutnya.

Mesin Pendingin 

Di tahap ini, ayam sudah bersih dan siap untuk dipotong sesuai permintaan pasar. Namun rumah potong modern biasanya akan mendinginkan ayam terlebih dahulu agar mikroba yang masih tersisa benar-benar mati. Suhu di mesin pending bervariasi, namun berkisar antara 0 – 4 derajat celcius. 

Mesin Parting 

Agar pemotongan daging ayam lebih cepat, rumah potong akan menggunakan mesin parting untuk memisahkan bagian-bagian daging ayam. Tiap bagiannya akan disesuaikan dengan kebutuhan pelaku usaha kuliner. Pemakaian mesin parting bertujuan untuk mendapatkan potongan ayam yang presisi dan sesuai kebutuhan. 

Setelah karkas atau potongan ayam selesai dari mesin parting, rumah potong ayam yang baik akan tetap melakukan quality control. Lewat pengamatan dan pemiliahan yang dilakukan, supplier memastikan konsumen mendapatkan produk karkas terbaik sesuai pesanan. 

Manfaat yang Diperoleh dari Penggunaan Fasilitas Produksi Rumah Potong Ayam Modern

Apabila melihat manfaat yang didapatkan, maka konsumen yang menggunakan supplier ayam potong akan mendapatkan berbagai keuntungan. Misalnya, mendapatkan bahan utama untuk produksi kuliner yang berkualitas dan unggul. 

Tidak hanya itu, produk daging ayam yang didapatkan juga merupakan produk yang higienis, sehat, dan bersih. Lewat mesin dan fasilitas yang baik, daging yang didapatkan pun tak akan memberikan efek negatif pada tubuh saat dikonsumsi. 

Penutup

Kehadiran supplier ayam potong yang modern menjadi hal yang penting dewasa ini. Inilah mengapa rumah potong ayam Sukahati bisa menjadi pilihan terbaik sebagai supplier ayam potong Anda. Selain menghadirkan produk yang berkualitas, RPA Sukahati juga memberikan layanan gratis ongkir dan gratis konsultasi yang akan memudahkan konsumen untuk memenuhi kebutuhan daging ayam hariannya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *