Membangun Bisnis Sukses dengan Franchise Kuliner

frenchise

Ada banyak pilihan bisnis yang bisa Anda jalankan salah satunya adalah franchise kuliner. Nama lain dari bisnis ini adalah waralaba yang sekarang makin terkenal di Indonesia. Bisnis waralaba adalah ide bisnis yang bagus dan menjanjikan untuk jangka panjang.

Mengenai bisnis waralaba ini sudah dijelaskan dalam Peraturan Menteri Perdagangan Nomor 71 di tahun 2019. Oleh karena itu, kalau Anda ingin menjalankan bisnis ini, perlu mematuhi aturan yang ada.

Pengertian Tentang Bisnis Franchise Kuliner

frenchise

Sumber : pexels.com

Bisnis franchise kuliner UMKM adalah semua bisnis yang dijalankan oleh perseorangan atau badan usaha yang saling bekerja sama. Masing-masing pihak akan mendapatkan keuntungan dengan sistem bagi hasil sesuai dengan kesepakatan yang berlaku.

Kesepakatan yang dibuat haruslah saling menguntungkan agar bisnis waralaba bisa tetap berkembang. Semua pihak sudah saling sepakat untuk menjalankan segala urusan bisnis waralaba termasuk operasional dan promosi dengan sistem kerja sama.

Ada dua elemen dalam bisnis waralaba yaitu franchisee yang merupakan pembeli izin bisnis franchise dan franchisor yang merupakan pemilik bisnis atau yang memberikan izin atas bisnis waralaba tersebut.

Terdapat dua jenis bisnis waralaba yaitu bisnis waralaba dalam negeri dan bisnis waralaba luar negeri. Bisnis waralaba luar negeri adalah sebuah bisnis yang produk dan merek dagang berasal dari luar negeri.

Sedangkan bisnis waralaba dalam negeri biasanya menjadi salah satu bentuk investasi sebagai penunjang karir. Sehingga semua hal terkait bisnis waralaba dilakukan untuk mengembangkan diri sebagai pebisnis di masa depan.

Keuntungan Bisnis Franchise Kuliner

Setelah mengetahui apa yang dimaksud dengan bisnis waralaba atau franchise, berikutnya adalah keuntungan yang didapatkan apabila Anda menjalankan bisnis. Anda tidak akan menyesal telah menjalankan bisnis waralaba karena,

1. Minim Branding

Berbeda dengan bisnis lain yang membutuhkan branding kuat, bisnis waralaba sebaliknya. Hal ini karena biasanya, bisnis waralaba sudah berkembang kuat di tengah masyarakat sehingga sudah banyak yang mengenalnya.

2. Wadah Pembelajaran Bisnis

Keuntungan berikutnya apabila Anda menjalankan bisnis franchise kuliner viral adalah bisa menjadi wadah untuk belajar tentang bisnis. Anda bisa menjadikan waralaba sebagai tempat untuk mengembangkan diri sebagai seorang pengusaha.

3. Bisnis Berkembang Lebih Cepat

Keuntungan terakhir adalah bisnis Anda akan berkembang lebih cepat karena di Indonesia, jenis bisnis franchise sering dijadikan sebagai investasi jangka panjang. 

Dengan menjalankan bisnis waralaba, Anda tidak perlu pusing lagi memikirkan strategi perencanaan bisnis.

Manfaat Bagi Pemilik Franchise

Seperti penjelasan di atas bahwa ada istilah franchisee dan franchisor dalam bisnis waralaba. Franchisee adalah terwaralaba yang merupakan perusahaan yang membeli produk dan menggunakannya untuk keperluan bisnis.

Sedangkan franchisor adalah pewaralaba yang merupakan perusahaan yang menjual merek dagang atau pemilik. Di bawah ini ada manfaat menjadi pemilik franchise yang menjualnya merek dagang ke terwaralaba.

  1. Akan meningkatkan daya tawar dari pemilik bisnis terhadap sumber modal atau pendanaan seperti bank.
  2. Memudahkan proses manajemen, pengaturan, dan pengawasan karena setiap cabang memiliki manajemen masing-masing dan semuanya akan langsung diawasi oleh terwaralaba.
  3. Dapat meningkatkan putaran bisnis dari pewaralaba sehingga omzet akan semakin bertambah.
  4. Memanfaatkan jaringan yang sudah ada untuk kegiatan eksplanasi beserta perluasan usaha agar lebih cepat. Prosesnya akan jauh lebih mudah dan murah dibandingkan dengan pertumbuhan secara organik.
  5. Bisa menggunakan modal milik orang lain dalam mengembangkan usaha franchise sehingga cakupan layanannya semakin luas.
  6. Akan mengurangi risiko bisnis sekaligus dapat membagi keuntungan dengan orang yang menggunakan merek dagang.

Proses Memulai Bisnis Franchise

frenchise

Sumber : pexels.com

Kalau Anda tertarik menjalankan bisnis kuliner franchise ini, Anda bisa mengikuti proses di bawah ini agar bisnis bisa berkembang.

1. Melakukan Riset

Pertama adalah dengan melakukan riset mengenai produk yang akan Anda jual, prospek ke depannya, dan biaya yang dibutuhkan. Kemudian, Anda bisa mulai melakukan riset kompetitor untuk mengetahui persaingan seperti apa yang Anda hadapi.

2. Cek Biaya dan Peluang

Kedua adalah dengan mencari tahu biaya yang dibutuhkan serta peluang dari bisnis franchise. Anda harus memastikan bahwa bisnis tersebut belum ada di daerah itu. Kalaupun ada, hal ini bisa meningkatkan nilai kompetitif.

Kemudian, cari tahu juga berapa biaya yang dibutuhkan seperti biaya sewa, pemeliharaan, dan royalti yang akan dibayarkan.

3. Mulai Menyusun Rencana Bisnis

Terakhir adalah mulai menyusun rencana bisnis ke depannya akan seperti apa. Walaupun ada banyak aspek bisnis yang telah ditentukan, tetapi Anda tetap perlu membuat rencana. 

Mulai dari menentukan lokasi bisnis, mencari target pasar, dan membuat perjanjian dengan pemilik bisnis.

Selain itu, Anda juga perlu mencari pegawai atau orang yang bisa diajak bekerja sama dalam menjalankan bisnis. Terakhir adalah membentuk badan usaha karena memerlukan entitas bisnis yang berbeda.

Manajemen Bisnis Franchise Kuliner

Bagaimana sistem manajemen dari bisnis franchise? Biasanya, pemilik bisnis akan bergabung menjadi pemegang franchise sebagai bentuk untuk mengembangkan usaha bisnis. Salah satu bentuk manajemen yang bisa Anda lakukan adalah dengan menjaga hubungan baik.

Anda perlu menjaga hubungan dengan franchise lainnya untuk mengetahui apakah sistem manajemen yang Anda terapkan sudah tepat atau belum. Anda bisa mulai bergabung atau membentuk grup dengan pebisnis waralaba lainnya.

Penutup

Keuntungan dalam bisnis franchise kuliner meliputi model bisnis teruji, akses ke resep, bahan baku, dan pedoman operasional yang telah terbukti berhasil, serta branding dan reputasi yang sudah terbangun.

Waralaba juga memberikan dukungan dalam pelatihan, pemasaran, dan pemilihan lokasi usaha, mengurangi risiko bisnis. Tantangannya adalah biaya awal yang tinggi, termasuk franchise fee dan royalti, serta keterbatasan kreatif dan fleksibilitas dalam mengubah menu dan operasional.

Dengan manajemen yang baik, bisnis franchise kuliner tetap menjadi peluang menarik bagi pengusaha yang ingin masuk ke industri kuliner.

 

Baca artikel lainnya : https://www.rpasukahati.com/blog/

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *