Rumah Pemotongan Ayam Halal Terpercaya

pemotongan ayam

Ayam merupakan salah satu bahan pangan yang memiliki jumlah permintaan yang terus menerus dan besar. Selain karena lebih murah daripada daging, ayam juga telah memenuhi standar kebutuhan protein yang cukup. Bagi umat muslim, ayam yang baik adalah ayam yang disembelih dengan kaidah islam sangat penting untuk mengkonsumsi ayam dari rumah pemotongan ayam (RPA) yang halal. 

 

Bagaimana kriteria RPA yang halal? Simak ulasan berikut ini. 

Penjelasan Rumah Pemotongan Ayam 

pemotongan ayam

Sumber : Flickr.com

 

Sebuah bisnis supplier ayam sangat disarankan memiliki tempat produksi yang disebut dengan rumah pemotongan ayam. Secara akademis, RPA merupakan sebuah tempat atau bangunan yang mana memiliki kelengkapan teknis untuk melakukan pemotongan ayam. 

 

Tentunya sebuah RPA dibangun tidak sembarangan, terdapat standar yang mengatur mengenai hal tersebut dimana tertuang pada SNI 01-6160-1999. Menurut SNI, RPA mencakup tempat peternakan yang mana sekaligus melakukan prosedur pemotongan ayam hidup dan akan didistribusikan kepada konsumen. 

 

Sebuah RPA, menghasilkan limbah cair dan padat sehingga lokasi RPA haruslah jauh dari polusi dan pemukiman. Hal tersebut dimaksudkan agar limbah yang dihasilkan tidak mencemari lingkungan sekitar. 

Kenapa Harus Memilih Rumah Pemotongan Ayam yang Halal dan Terpercaya 

Syarat halal termasuk pada RPA  menjadi hal yang wajib dilakukan terutama pada negara yang mayoritas penduduknya muslim. Sebagai konsumen, memilih RPA yang halal dapat mencegah pembelian ayam tiren (mati kemaren) dan ayam bangkai. 

 

Artinya jika sebuah RPA menerapkan standar halal di dalam prosedurnya, RPA tersebut akan selalu menyediakan ayam dengan kualitas segar dan sehat. Sehingga efek jangka panjangnya tentu menyehatkan konsumennya pula. 

Ayam hasil pemotongan dengan metode yang halal memiliki beberapa kriteria yang sehat dan layak dikonsumsi sebagai berikut. 

  1. Memiliki warna daging cenderung merah muda dan tidak pucat. Daging cenderung tidak disukai oleh lalat. 
  2. Beraroma segar, tidak busuk, tidak berbau bahan kimia atau obat 
  3. Tekstur daging cukup kenyal, ketika ditekan dapat kembali ke bentuk semula dengan cepat. 
  4. Daging ayam tidak memiliki sisa darah dalam jumlah banyak 
  5. Ayam segar memiliki irisan pada leher ayam dengan ukuran cukup besar dan tidak asal-asalan. 
  6. Ayam tanpa disuntik oleh air juga tidak memiliki kandungan air yang menggenang di sekitar dagingnya 

Proses Rumah Pemotongan Ayam yang Menggunakan Metode Kaidah Islam 

Sebuah RPA seperti RPA Sukahati yang menetapkan prosedur pemotongan ayam sesuai kaidah islam menggunakan standar penyembelihan sesuai Fatwa MUI No 12 tahun 2009. Beberapa poin yang digunakan oleh RPA Sukahati adalah: 

  1. Ayam yang disembelih adalah ayam dalam keadaan hidup bukan tiren atau bangkai 
  2. Penyembelih adalah muslim yang telah baligh dan memiliki pemahaman terhadap tata cara penyembelihan dengan kaidah Islam 
  3. Ayam disembelih menggunakan benda tajam khusus penyembelihan 
  4. Darah pemotongan dialirkan melalui saluran makanan, pernafasan, dan dua pembuluh darah 
  5. Proses penyimpanan dan pengiriman daging ayam memiliki informasi dan jaminan mengenai kehalalannya 

Sertifikasi Halal Terpercaya 

Sertifikasi halal menunjukkan bahwa suatu industri mengikuti prosedur yang ditetapkan oleh institusi penjamin kehalalan seperti MUI. RPA Sukahati merupakan supplier ayam potong yang telah memiliki sertifikat halal dalam setiap prosedur usahanya. 

Produk-produk yang disertakan ke dalam sertifikasi halal di antaranya adalah ampela, ayam karkas, ayam parting, dada utuh, lemak, fillet, hati, jantung, kaki, kepala, paha, sayap, tulang, hingga kerongkong. Sertifikasi halal tersebut dimaksudkan untuk meningkatkan kepercayaan dan kesehatan konsumen.  

FAQ Seputar Rumah Pemotongan Ayam Halal 

Sebagai konsumen akhir ataupun pemilik usaha yang berkaitan dengan produk ayam, tentunya Anda ingin memastikan bahwa ayam yang digunakan terjamin kehalalannya. Beberapa pertanyaan yang umum ditanyakan oleh konsumen sebagai berikut. 

Q : Cara Memastikan RPA  yang Halal?

A : RPA yang halal dapat dipastikan melalui sertifikasi halal yang dimilikinya. Melalui sertifikasi tersebut, RPA  telah mengikuti standar penyembelihan, penyimpanan, hingga pengiriman.

Q : Dimana Lokasi RPA yang Halal?

A : RPA Sukahati merupakan salah satu usaha ayam potong yang telah memiliki sertifikasi halal dari MUI Jawa Barat. RPA tersebut berlokasi di Jl. Sambong Jaya depan gardu induk PLN, Kel. Sambongpari, Kec. Mangkubumi, Kota Tasikmalaya.

Q : Berapa Harga Ayam Potong Hari Ini? 

A : Harga ayam potong dalam ukuran 1-1,2 kg di wilayah Jabodetabek, Sukabumi, Tasikmalaya  dan sekitarnya Rp24.000 per 28 September 2023. Harga tersebut dapat berbeda pada hari setelahnya maupun pada wilayah yang berbeda.

Penutup 

Setelah mengetahui tentang penjelasan mengenai RPA halal dan terpercaya, semoga bisa mempermudah untuk memilih RPA  yang memastikan produknya halal dan baik. 

Nah sekarang sudah tidak perlu bingung lagi mencari RPA yang halal dan terpercaya, karena Rumah Pemotongan Ayam Sukahati menggunakan metode kaidah islam untuk memenuhi kebutuhan mitra usaha Anda.

Baca artikel lainnya di : https://www.rpasukahati.com/blog/

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *