Manajemen Keuangan untuk Bisnis UMKM

keuangan_umkm

Manajemen keuangan adalah salah satu cara agar Anda bisa tahu bagaimana kondisi keuangan milik perusahaan. Dengan adanya laporan keuangan, Anda bisa membuat keputusan untuk strategi bisnis di masa mendatang. 

Setiap bisnis yang baru berdiri seperti UMKM maupun bisnis besar pasti membutuhkan uang untuk mengembangkan bisnisnya. Oleh karena itu, Anda sebagai pebisnis UMKM bisa mulai memikirkan bagaimana langkah pengelolaan keuangan yang baik.

 

Peran Keuangan dalam Kesuksesan UMKM

chart

sumber : pexels.com

Secara umum, pengertian dari manajemen keuangan bisnis adalah sebuah aktivitas yang berkaitan dengan masalah pengarahan, pengelolaan, dan perencanaan keuangan dalam bisnis. Bagaimana perusahaan tersebut dapat mengelola aset yang dimiliki.

Oleh karena itu, profesi manajer keuangan sangat dibutuhkan dan merupakan posisi yang paling krusial bagi bisnis. Di bawah ini adalah beberapa peran keuangan dalam perusahaan khusus pebisnis UMKM.

  • Perencanaan

Peran melakukan manajemen keuangan adalah sebagai perencanaan bisnis karena untuk menjalankan sebuah bisnis, pasti membutuhkan uang. Dengan adanya pengelolaan keuangan yang baik, Anda akan lebih mudah untuk menjalankan rencana bisnis.

  • Alokasi Dana

Tidak hanya itu, pengelolaan keuangan juga akan membantu Anda mengalokasikan dana untuk berbagai keperluan. Alokasi dana adalah kegiatan untuk menyusun anggaran dana secara sistematis dalam kurun waktu tertentu.

  • Pengendalian 

Peran berikutnya adalah sebagai pengendali yang merupakan proses perbaikan dan evaluasi tentang penggunaan keuangan perusahaan. Ketika perusahaan mengalami masa kritis, fungsi pengendali akan membantu Anda untuk menemukan solusi yang tepat.

 

Tantangan Keuangan yang Sering Dihadapi UMKM

tantangan

sumber : freepik.com

Dalam melakukan manajemen keuangan, tentunya Anda akan mengalami banyak masalah di masa depan. Seringkali seorang pebisnis tidak memahami jelas apa saja tantangan yang akan dihadapi sehingga melakukan kesalahan.

Ada dua tantangan yang sering dialami oleh pebisnis ketika mengatur manajemen keuangan dalam wirausaha. Dua tantangan tersebut adalah potensi resesi dan ketegangan militer geopolitik, berikut penjelasan keduanya.

  • Potensi Resesi 

Tingkat suku bunga bank sentral Amerika atau The Fed yang dikeluarkan pada Desember 2022 lalu sebesar 4.25 – 2.50% dan akan mengalami kenaikan menjadi 5 persen. Suku bunga dari The Fed tentu sangat berpengaruh terhadap ekonomi global termasuk Indonesia.

  • Ketegangan Militer Geopolitik 

Tantangan berikutnya adalah ketika terjadi ketegangan militer geopolitik seperti yang terjadi pada Rusia ke Ukraina. Invasi tersebut tentu membawa dampak besar bagi pergerakan barang-barang migrasi. 

Hal ini juga bisa menyebabkan terhambatnya pasokan global dalam mengurus komoditas energi fosil sehingga invasi melebar ke mana-mana. Tidak hanya itu, konflik antara Amerika dengan China juga turut membawa dampak bagi perekonomian dunia. 

Taiwan sebagai negara produsen semikonduktor dunia juga bingung akan masalah Amerika dan China.  Tantangan ini yang akan mengganggu proses pengerjaan manajemen keuangan perusahaan di Indonesia. 

 

Langkah-langkah Praktis untuk Mengatur Keuangan

manajemen keuangan

sumber : pexels.com

Walaupun ada banyak tantangan yang akan Anda hadapi kedepannya, tetap saja sebagai pebisnis UMKM, Anda perlu tahu bagaimana cara manajemen keuangan yang baik dan benar seperti berikut ini.

  • Perencanaan Keuangan

Ketika akan membuat perencanaan keuangan ada tiga hal yang perlu Anda analisa yaitu mengevaluasi kondisi keuangan perusahaan, menyusun tujuan keuangan perusahaa, serta membuat rencana kemudian menjalankan rencana tersebut.

  • Pendokumentasikan Keuangan

Pendokumentasikan keuangan dalam melakukan manajemen keuangan adalah membuat laporan keuangan dengan baik. Fungsi dari laporan keuangan adalah untuk membandingkan realisasi pemasukan belanja dengan anggaran yang sudah Anda susun.

Selain itu, fungsi lain dari laporan keuangan adalah untuk menyajikan informasi yang akurat mengenai kondisi keuangan perusahaan Anda. Laporan keuangan tersebut memberikan gambaran mengenai biaya, pendapatan, arus kas, dan aset bisnis perusahaan.

  • Pengendalian Pengeluaran

Langkah dalam melakukan manajemen keuangan berikutnya adalah mencari cara agar bisa mengendalikan pengeluaran. Pengendalian internal kas adalah bentuk pengawasan atau membuat aturan tertentu agar keuangan dalam terkontrol dengan baik.

Seringkali, pebisnis tidak bisa membuat aturan yang benar dalam mengelola keuangan sehingga pengeluaran menjadi tidak terkendali. Dengan melakukan pengendalian, Anda akan lebih mudah untuk mengalokasikan dana untuk kebutuhan bisnis.

  • Pemahaman Pajak dan Peraturan Keuangan

Berikutnya adalah memahami mengenai pajak dan peraturan keuangan yang telah ditetapkan oleh negara. Sebagai seorang pebisnis, Anda bisa bekerja sama dengan jasa keuangan yang akan membantu mengurus laporan keuangan dan pajak perusahaan.

Apabila Anda adalah Wajib Pajak yang bisa membayar pajak tepat waktu, investor akan menaruh kepercayaan untuk memberikan modal ke perusahaan. Berbeda apabila Anda adalah orang yang tidak patuh membayar pajak.

Selain sulit mendapatkan kepercayaan dari investor, Anda juga akan mendapatkan sanksi dan denda dari pemerintah karena telat membayar pajak.

  • Pengelolaan Utang

Mengatur manajemen keuangan juga akan membantu perusahaan dalam mengelola utang. Ada beberapa cara yang bisa Anda terapkan seperti membuat rencana yang matang sebelum memutuskan untuk berhutang. 

Selain itu, pastikan kalau Anda berhutang karena memang perusahaan sedang butuh. Sebaiknya tidak asal mengambil utang karena khawatirnya akan mengganggu keuangan bisnis.

  • Rencana Keuangan Jangka Panjang

pexels.com

Terakhir adalah membuat rencana keuangan dalam jangka panjang yang bertujuan untuk mencapai tujuan keuangan di masa mendatang. Anda bisa memulainya dengan membuat tujuan keuangan serta batas waktunya.

 

Penutup

Mengelola keuangan dengan baik adalah kunci untuk kelangsungan dan pertumbuhan bisnis UMKM. Dari manajemen keuangan hingga manajemen utang, dari pengelolaan persediaan hingga pemahaman pajak.

Dengan disiplin dan perencanaan yang baik, Anda dapat memastikan keuangan UMKM Anda tetap sehat, memberikan pondasi yang kokoh untuk pertumbuhan bisnis Anda, dan menghadapi masa depan dengan percaya diri. Semoga artikel ini membantu Anda mencapai kesuksesan dalam dunia UMKM.

Baca artikel lainnya di : https://www.rpasukahati.com/blog/

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *