Tips Mencari Supplier Ayam Berkualitas untuk Usaha Jual Ayam Potong

jual ayam potong

Daging ayam merupakan bahan makanan favorit masyarakat Indonesia. Sebagai salah satu protein hewani yang tinggi nutrisi, daging ayam juga bisa diolah ke berbagai olahan makanan. Maka tak mengherankan jika banyak usaha jual ayam potong saat ini. 

Sayangnya tak semua penjual ayam potong memiliki stok yang mencukupi setiap harinya. Masalah stok ini sebenarnya bisa teratasi apabila memilih supplier ayam yang berkualitas, Simak penjelasan lengkapnya berikut ini untuk mengetahui bagaimana memilih supplier ayam agar tak merugi. 

Pengenalan tentang Pentingnya Mencari Supplier Ayam Potong Berkualitas

jual ayam potong

Sumber gambar: Freepik

Apa jadinya jika Anda sebagai pengelola atau penjual ayam potong, kehabisan stok daging ayam di tempat usaha Anda. padahal di saat yang bersamaan, banyak pembeli dan konsumen yang membutuhkan daging ayam untuk konsumsi pribadi ataupun usaha makanan. 

Masalah ini memang terlihat sederhana, namun jika terjadi secara terus menerus, maka banyak pembeli dan konsumen yang akan berpikir dua kali untuk membeli di toko Anda. Hal ini kemudian membuat mereka memilih toko yang jual daging ayam lainnya dan membuat Anda mengalami penurunan omset. 

Inilah alasan mengapa Anda harus memilih supplier yang tepat untuk usaha penjualan daging ayam. Memilih supplier daging ayam yang berkualitas tak hanya akan membuat bisnis tetap berjalan, tapi juga membuat jenis daging ayam yang dijual jadi lebih tak kalah dengan kompetitor Anda. 

Kenapa Harus Memilih Supplier Ayam yang Berkualitas untuk Usaha Jual Ayam Potong?

fillet dada

Sumber gambar: Freepik

Ada beberapa alasan mengapa Anda harus memilih supplier ayam yang unggul dan berkualitas, diantaranya adalah:

Tersertifikasi Halal MUI dan NKV 

Bagi penganut agama Islam, makanan yang halal menjadi kewajiban yang tak boleh ditawar-tawar. Oleh karena itu, sertifikasi halal menjadi hal yang harus ada pada supplier ayam yang Anda pilih. Tak hanya sertifikasi halal dari MUI, sebaiknya supplier ayam juga memiliki sertifikasi NKV. 

Produk Bersih, Halal dan Higienis

Kualitas daging ayam harus dalam keadaan baik ketika diterima oleh konsumen atau pembeli. Kualifiksi dari kualitas daging ayam yang baik adalah warna yang cerah, tidak berbau apek, serta tidak busuk dan berwarna kebiruan. Supplier yang jual daging ayam yang bersih, higienis dan halal akan membuat bisnis Anda melaju dengan pesat.

Pelayanan Professional 

Anda tentu tak ingin pengiriman daging ayam terhambat karena supplier yang tak professional. Memilih supplier yang professional akan membuat Anda bisa mendapatkan daging ayam dengan kualitas terjamin, harga yang bersaing, serta daging yang masih segar. 

Tips Mencari Supplier Ayam Berkualitas untuk Usaha Jual Ayam Potong 

Bagaimana mencari supplier ayam potong yang terpercaya serta berkualitas? Ada beberapa tips yang bisa Anda, sebagai pelaku usaha penjual ayam potong, yang bisa dipertimbangkan, antara lain:

  • Memiliki kualitas ayam yang baik, supplier yang terpercaya akan memberikan ayam dengan kualitas yang baik. Diantaranya memiliki daging yang segar, bersih, dan tidak memiliki aroma yang menyengat. 
  • Harga yang kompetitif, masalah harga merupakan hal yang harus dipertimbangkan oleh pengusaha. Dengan harga yang kompetitif, Anda pun bisa menjual ayam potong ataupun olahan ayam dengan harga yang bersaing dari kompetitor. 
  • Ketersediaan ayam, pastikan supplier daging ayam potong yang Anda pilih memiliki stok yang selalu ada. Dengan kualifikasi ini, Anda bisa melakukan pemesanan kapan saja kepada supplier untuk memenuhi stok ataupun memenuhi keinginan konsumen. 
  • Lokasi yang mudah terjangkau, akan lebih baik jika Anda memilih supplier ayam yang jaraknya tak jauh dari tempat tinggal atau lokasi usaha Anda. Hal ini nantinya akan memudahkan Anda untuk jual ayam potong yang segar pada pelanggan. 
  • Pelayanan yang baik, ketika supplier memberikan pelayanan yang baik kepada Anda, Anda tentu akan lebih nyaman melakukan kerja sama dengan mereka. Pelayanan yang baik bisa berupa respon yang cepat, ramah, dan bisa dihubungi lewat email, media sosial maupun akun Whatsapp. 

Pertanyaan Seputar Tips Mencari Supplier Ayam Potong Berkualitas 

Q : Apa Saja yang Harus Dilakukan untuk Memilih Supplier Ayam Potong Berkualitas? 

A : Anda bisa melihat bagaimana kualitas ayam yang tersedia, harga yang kompetitif, serta ketersediaan stok ayam yang selalu tersedia. Anda juga       bisa mempertimbangkan pelayanan dari rumah potong ayam yang dipilih serta lokasi dari supplier ayam. 

Q : Bagaimana Mengetahui Supplier Ayam Potong Berkualitas?

A : Beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengetahuai apakah supplier ayam potong berkualitas adalah memiliki produk ayam potong yang             bersih, halal, dan higienis. Supplier pun memiliki pelayanan yang baik dan professional, sekaligus sudah mendapatkan sertifikasi MUI dan NKV         untuk produk ayam potongnya. 

Q : Supplier yang Seperti Apa yang Cocok untuk Usaha Jual Ayam Potong?

A : Sebagai pengusaha, Anda bisa memilih sendiri seperti apa supplier ayam yang cocok dengan jenis usaha. Namun tetap pertimbangkan                     kelebihan dan kekurangan supplier yang jual ayam potong sebelum melakukan kerja sama. Harapannya, Anda tidak mengalami kerugian yang       bisa membuat bisnis tak berjalan lancar. 

Penutup

Lewat penjelasan diatas, dapat disimpulkan bahwa supplier ayam memiliki peranan yang penting dalam keberhasilan usaha ayam potong. Pertimbangkan berbagai aspek untuk memilih supplier ayam, dari kebersihan dan kehahalan produknya, harga dan pelayanan yang diberikan, serta sertifikasi Halal dan NKV yang dimiliki. 

Dengan mengikuti tips untuk menemukan supplier yang jual ayam potong berkualitas diatas, Anda bisa mendapatkan ayam potong yang unggul untuk usaha. Meski sederhana, pemilihan supplier ayam potong yang tepat akan membuat usaha Anda berkembang ke arah yang lebih baik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *